Cathodic Protection 2 (Menghitung Kebutuhan Material Anoda)

0
113

Lempeng timbal dioksida dan timbal murni disusun saling bersisipan akan membentuk satu pasang sel akumulator yang saling berdekatan dan dipisahkan oleh bahan penyekat berupa isolator. Jika kation berasal dari logam-logam aktif (logam golongan IA, IIA, Al dan Mn) yaitu logam-logam yang potensial elektrodenya lebih kecil dari air), maka air yang tereduksi. Jadi dioda hanya dapat dialiri oleh arus listrik pada saat anode memiliki potensial lebih tinggi dari pada katode. Industial plant dan compressor station memiliki banyak sistem perpipaan yang tertanam didalam tanah atau pada concrete.

Pada katoda lakmus merah mengalami perubahan warna menjadi warna biru sedangkan pada lakmus biru tidak mengalami perubahan warna (tetap biru). Arus listrik dari kutub positif sumber tegangan listrik luar (GGL) dialirkan ke elektroda sehingga memaksa elektroda teroksidasi dan melepaskan elektron. Biaya yang diperlukan serta kemungkinan terjadinya kegagalan dalam proteksi katodik akibat dari kompleksitas dari sistem dan jumlah joint yang sangat banyak. Karena terus menerus melepaskan elektron anoda cenderung menjadi bermuatan positif dan menarik anion dari larutan (elektrolit) serta menjauhkan kation. Kemungkinan reaksi yang terjadi di katode aldah reduksi ion Cu2+ atau reduksi air.anode

Sementara pada larutan NaCl di anoda, yang juga di tambahkan indikator PP, tidak terjadi perubahan apapun. Setelah itu, larutan pada kedua kutub di uji dengan menggunakan kertas lakmus merah dan biru. Komponen terpenting dari proses elektrolisis ini adalah elektroda dan elektrolit. Meskipun demikian, dapat dibuat dioda dengan tegangan zener tertentu pada tingkat tegangan yang sangat rendah.anodeanode

Reduksi adalah penerimaan elektron atau penururnan bilangan oksidasi, sedangkan oksidasi adalah pelepasan elektron atau peningkatan bilangan oksidasi. Misalnya, kuantitas listrik yang diperlukan untuk mengendapkan 1 mol logam monovalen adalah 96 485 C(Coulomb) tidak bergantung pada jenis logamnya. Faktor yang mempengaruhi laju korosi pada kasus ini adalah ukuran dari coating defect.

Contoh lainnya adalah pada sel Daniell jika diterapkan beda potensial listrik dari luar yang besarnya melebihi potensial sel Daniell. Salah satu kekurangan baterai jenis nikel kadmium adalah adanya efek ingatan (reminiscence effect) yang berarti bahwa baterai dapat mengingat jumlah energi yang dilepaskan pada saat discharge sebelumnya. Jadi, reaksi yang terjadi di anode dan katode pada sel elektrolisis sama seperti pada sel volta, yaitu di katode adalah tempat terjadinya reaksi reduksi dan di anode adalah tempat terjadinya reaksi oksidasi. Adanya polarisasi fuel hidrogen pada lempeng tembaga menyebabkan elemen Volta mampu mengalirkan arus listrik hanya sebentar.