Hilmanprakarsa

Dalam sel, reaksi oksidasi reduksi berlangsung dengan spontan, dan energi kimia yang menyertai reaksi kimia diubah menjadi energi listrik. Kapasitas penyimpanan aki diukur dalam satuan ampere hour(AH).Contoh: sebuah aki memiliki 12 V forty AH berarti ggl aki 12 volt dan dapat mengalirkan arus 1 ampere selama 40 jam atau 0,5 ampere selama 80 jam sebelum aki dimuati ulang. Sel elektrolisis adalah sel elektrokimia yang menimbulkan terjadinya reaksi redoks yang tidak spontan dengan adanya energi listrik dari luar.

Perusahaan kami Memproduksi berbagai macam ukuran dan sepesifikasi Aluminium & Zinc Anode / Chatodic Protection dengan merek SFU Anode, dan kami juga dapat membuat cathodic protection yang di sesuaikan dengan spesifikasi dan aplikasi yang custumer butuhkan. Pada elektrolisis larutan KI terbentuk gaas hidrogen di katode dan iodin di anode; larutan disekitar katode bersifat basa.anode

Reaksi elektrolisis KI pada ruang katoda terjadi reduksi/pelepasan elektron dari 2H2O + 2e menjadi H2 + 2OH-, sedangkan pada ruang anoda terjadi oksidasi/penambahan elektron dari 2I- menjadi I2 + 2e. Hasil akhir dari reaksi elektrolisis KI adalah 2KI + 2H2O 2KOH + H2 + I2. Karena anoda brsifat inert (C) sedangkan anion dari sisa asam oksi, maka air yang teroksidasi di anode. Sementara itu, spesi tertentu yang lain melepaskan elektron di anode dan mengalami oksidasi.

Elektron dari listrik searah memasuki larutan melalui katode, lalu elektron dari katode diserap oleh spesi tertentu dalam larutan dan mengalami reduksi. I) Teteskan larutan dari anoda dan katoda menggunakan pipet tetes pada masing masing kertas lakmus dengan satu larutan. Jika anode terbuat dari elektrode inert maka reaksi anode bergantung pada jenis anion dalam larutan. Salah satu cara yang paling jelas agar ion mempunyai mobilitas adalah dengan menggunakan larutan dalam air. Pada anoda (eletroda karbon), setelah elektrolisis dilakukan, terjadi perubahan warna larutan menjadi kuning kecoklatan dari I2, dikarenakan pada anoda terjadi reaksi oksidasi I- menjadi I2.anodeanode

Dalamm berbagai sistem elektrik, misalnya tabung lucutan dan piranti elektrik padat, katoda adalah ujung akhir electron masuk dalam sistem. Sementara itu, kemungkinan reaksi yang terjadi di anode adalah oksidasi ion SO42- ,oksidasi air atau akosidasi Cu. Sinar ini oleh Rontgen disebut Sinar-X karena pada saat itu Rontgen belum mengetahui sifat sinar tersebut. Reaksi kimia pada elemen Volta akan menghasilkan gelembung-gelembung gasoline hidrogen (H2). Elektrode Fe pada katoda (-) berubah warna menjadi hitam dan electrode Cu pada anoda (+) berubah menjadi lebih cerah.